Berbagi Dalam Kebaikan

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by HUMAS FKII ASY-SYAMS - - 4 komentar


Oleh: Yuni Lestari
Ku ucapkan terima kasih kepada Rabbku, pemilik nyawaku, atas segala limpahan rahmat dan karunia yang diberikanNya untukku, kedua orang tuaku yang sangat ku cintai selamanya, yang saat ini aku rindukan.
            Tak ada yang menyangka bahwa aku akan tumbuh disebuah desa kecil bernama Kepenuhan raya, tepatnya di Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan-hulu Riau, sebab orang tuaku bukanlah penduduk asli Desa itu, ayah dan ibu berdarah Jawa (Jawa Barat), sama seperti pendatang yang lainnya bertransmigrasi dan merantau untuk mencari peruntungan di  Desa itu.
            Aku tumbuh di Negeri Seribu Suluk, dimana masyarakatnya yang Homogen atau mayoritas beragama Muslim, dari jenjang Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) sampai ketingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), aku disuguhi perlengkapan Sekolah berupa jilbab setiap hari, tepatnya aku sudah mengenal jilbab dari masa Kanak-kanak, tapi saat itu jilbab masih kuanggap aksesoris yang harus dipakai setiap hari ke Sekolah, ketika memakai jilbab aku sering mengeluh panas dan gatal pada Ibuku, Ibuku yang minim akan ilmu Agama hanya mampu memberikan penjelasan “ kalau tidak memakai jilbab nanti neng dihukum sama Ibu Guru loh “, perkataan Ibu cukup membuatku takut untuk tidak memakai jilbab ke Sekolah, sepulang Sekolah jilbab pun aku tanggalkan.
            Waktu terus berjalan, hingga pada akhirnya aku menapaki jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP), tapi pada sa’at itu aku masuk ke Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang tak jauh dari rumahku, sedari hari pertama masuk ke MTs hingga hari-hari berikutnya, sepulang dari sekolah aku semakin sering memakai jilbab, pergi ke Pasar, ke rumah teman, kerumah tetangga, dll. Itupun dikarenakan malu dengan potongan rambut baruku, rambut yang gagal dipotong Ibu itu membuat wajahku menyerupai laki-laki.
            Meskipun niatku belum benar-benar beristiqomah, tapi mungkin inilah salah satu cara Allah untuk memperkenalkan jilbab kesetiap hariku, sejauh ini jilbab juga masih menjadi penutup rambutku yang gagal dipotong, bukan  benar-benar menjadi penutup Aurat, kini hari-hariku disibukkan dengan memakai jilbab, walaupun baju pas badan atau kaus bermanset dan celana jeans menjadi andalan. Aku sudah berniat untuk melepas jilbab saat rambutku kembali panjang nanti. Beberapa bulan kemudian rambutku sudah mulai terlihat panjang, hari itu sepulang Sekolah akupun akan berkunjung kerumah sahabatku dengan rambut panjang tergerai.
           
Tiba dihadapan cermin, kucoba menata rambut sedemikian rupa, tapi tak pernah ada rasa puas dan percaya diri, akhirnya kuputuskan untuk mengenakan jilbab usangku lagi, tiba-tiba ada senyuman didepan cermin, aku merasa manis dan sangat manis. Sejak saat itu niatku memakai jilbab adalah untuk mempermanis penampilan, masih bukan untuk menutup Aurat, karena penampilanku terbilang sangat jauh dari Syar’i, berbagai gaya jilbab pun menjadi buruan saat berbelanja, hobi baru mengoleksi jilbab Style yang  sama sekali masih jauh dari syarat dan ketentuan berhijab, aku belum mengenal hijab pada waktu itu, bahkan mendengar orang mengatakannya saja tak pernah.
            Masih dalam niat berjilbab untuk mempermanis penampilan, aku terbilang hanyut dimasa-masa Pubertas, masa itu ku isi hanya untuk bergaya, berpenampilan menarik dan berkenalan dengan lawan jenis, saling bertukar nomor Handphone dan masih banyak lagi, kondisi ini terus-menerus bertahan sampai aku memasuki jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang pada waktu itu orang tua mendaftarkan ku ke Madrasah Aliyah (MA).
            Ada sedikit demi sedikit perubahan pada diriku ketika bersekolah di MA, dimana aku mulai tertarik mengenakan rok ketimbang celana jeans, itu disebabkan kakak-kakak kelas yang mengenakan rok terlihat lebih manis dan anggun, hobiku pun sekarang adalah mengoleksi rok.
Akupun mulai aktif diberbagai Organisasi, mengikuti Ekstrakurikuler sekolah disore hari, malam-malam tertentu mengikuti IRMAS (Ikatan Remaja Masjid) di masjid-masjid sekitar rumah, dan sering mengikuti Training Motivasi, penampilanku pun sudah agak membaik, perpaduan kaus pas badan dengan rok dan jilbab tipis yang sudah mulai sedikit menutupi dada, tapi pergaulanku dengan lawan jenis masih belum ada perubahan.
Maraknya situs jejaring sosial Facebook menghipnotisku dan teman-teman untuk terus mengikuti perkembangan zaman, hari-hari ku tak pernah lepas dari akun Facebook, mulai dari mengupload status, mengupload foto-foto berjilbab dengan berbagai pose, mengAdd dan mengkonfrim pertemanan. Hal yang paling kusuka di Facebook adalah, ketika mengupload foto maka muncul “like” dan komen mereka tentang fotoku, tapi Allah tak membiarkan hambanya begitu saja, di Facebook aku dipertemukan dengan orang-orang yang Alim akan ilmu Agama, mereka terus menasehatiku tentang akibat foto yang di upload ke dunia maya, mereka sering Share atau men tag foto-foto yang bermanfaat disertai dengan catatan atau kisah-kisah penuh Inspiratif dari Funpage-funpage yang ada difacebook, mereka juga sering memberikan masukan tentang penampilan jilbabku, mereka menginginkan aku untuk berhijab, sedikit tersentak mendengar kata-kata hijab, karena jujur aku tak pernah tau dan paham apa itu hijab.

Dengan sabar dan penuh kasih sayang mereka memaparkan satu-persatu, mereka memberikan jawaban apa itu hijab ??, bagaimana cara berhijab ??, serta syarat dan ketentuan berhijab, subhanallah...
Aku bersyukur padamu yaa Rabb... yang telah menghadirkan mereka, yang telah mengisi kegalauan hati meskipun hanya lewat dunia maya. Sampai ada diantara mereka yang mengirimkan paket untukku, yang isi paketnya adalah 2 helai jilbab panjang dan lebar, serta 1 buku kecil kesayangannya yang berjudul “Easy Going, No Way ! Bikin hidupmu lebih terencana” karya Izzatul Jannah, ia bilang buku itu adalah untuk menopang semangat belajarku saat menghadapi Ujian Nasional nanti, Subhanallah Walhamdulillah...., mereka benar-benar mencintai karena Allah, meskipun tak pernah bertatap muka secara langsung dengan ku, sebegitu percayanyakah mereka padaku ??, lalu kapan aku akan percaya terhadap apa yang mereka katakan ??.

Tugasku sekarang adalah menghapus foto-foto yang ku upload ke Facebook, menyukai Funpage-funpage Inspirasi yang bermanfaat seperti “Strawberry, mutiara air mata muslimah, aku mencintaimu karena Allah, dll”, serta meremove pertemanan yang membawa kemudharatan untuk pribadiku, tentunya juga menjaga jarak dan pergaulanku dengan lawan jenis.
Tepat semester I dikelas XII IPA, sekolahku kedatangan Guru baru, Guru baru bernama Ibu Nur Ikhsan,S.Pd , dia sosok nyata yang Allah kirim untuk menginspirasiku, dia Akhwat sejati yang cinta Rabb dan Rasulnya, berpenampilan menyejukkan hati dengan jilbab panjang menjuntai menutupi dada, senyumnya manis dengan wajah berserikan keimanan, kacamata tebal menambah dewasa kepribadiannya, sa’at bertemu lawan jenis ia hanya menunduk dan menelangkupkan tangan kedadanya, Subhanallah..  ia benar-benar menginspirasiku, membuatku ingin cepat-cepat berhijrah untuk berhijab.
Bismillah... aku berhijab.
Alhamdulillah..., melalui proses panjang akhirnya aku bisa benar-benar mencintai Rabb dan Rasulku, aku mulai mengulurkan jilbab panjang yang menutupi sebagian tubuhku, sebagaimana Allah SWT berfirman : QS. An-nur : 31
            “ Hendaklah mereka (PR) menutupi kain mereka ke leher dan ke dada mereka”
 Baju blous lengan panjang yang menutupi pantat dan berkaus kaki:
“ Barang siapa yang memakai pakaian yang menyolok mata, maka Allah SWT akan memberikan kehinaan di hari akhirat nanti “ ( HR. Ahmad, Abu daud, An-nasai, Ibnu majah )
 Serta tak ada lagi si PUNUK ONTA (sanggul rambut yang terlalu tinggi):
“ dan wanita-wanita yang berpakaian tetapi hakikatnya mereka telanjang, melenggak-     lenggokkan kepala mereka karena sombong dan berpaling dari ketaatan kepada allah dan suaminya, kepala mereka seakan-akan seperti Punuk Onta, mereka tidak masuk Surga padahal wanginya bisa di dapati dari perjalanan sekian dan sekian (HR. Muslim & ahmad, dari abu hurairah ra).
            Tinggal lah celotehan orang-orang Awam yang dahulunya akupun seperti mereka, walaupun nama daerah ku Negeri Seribu Suluk, tapi mereka hanya mengenal jilbab bukanlah hijab. Mereka mengatakan dandananku terlalu berlebihan, aku disamakan dengan Jaula yang mereka anggap nyeleneh, berkaus kaki tak tau cuaca dan selalu mengatakan aku kedinginan, di cap nya aku orang yang sok Alim, berpakaian gombreng dan sok jual mahal, Astagfirullahaladzim..., tak apa itu semua bagian dari ujian kecil yang Allah berikan untukku, seberapa kuat kah aku untuk beristiqomah.
            Tapi inilah hidup manusia sebagai Aktor dan Aktris nya, sedangkan Allah adalah Sutradaranya, kita hanya menerima Skenario hidup dan melakoninya, Aktor dan Aktris yang bisa melakoninya dengan baik maka akan mendapatkan Surga Awards yang Allah janjikan.
            Kembali ke perjalanan hijabku, lambat laun seiring berjalannya waktu, mereka mulai mengerti dan menyadari, yang tadinya sering bersiul berubah menjadi ucapan Salam, yang memberi gelar sok Alim mulai meminta ma’af padaku, Alhamdulillah.....
            Kini kembali ke pribadiku sendiri, semoga aku tetap beristiqomah dalam berhijab, semoga aku tetap bisa meluruskan niat baikku untuk berhijab, bukan lagi penutup rasa malu, bukan lagi pemanis penampilan atau penarik mata lawan jenis untuk memujiku, masa laluku adalah proses gelap yang panjang hingga aku dapati pribadiku yang sekarang. Dan sekarang aku menjadi bagian dari keluarga besar UIN SUSKA RIAU, semoga aku mendapati teman-teman yang bisa mengokohkan hijabku, dan Ilmu yang bermanfa’at untuk membentuk pribadi Muslimah yang tangguh, semoga kita juga termasuk orang-orang yang selalu berada dijalan-Nya, Aaammiiinnn yaa mujiibassailiin...

4 Responses so far.

  1. keren tulisanya dan semoga menginspirasi yang lainya.... dan gurunya sepertinya kenal lah.... semoga bisa terus menebar kebaikan.....

  2. selamat dan tulisannya sangat menginspirasi...

  3. Admin says:

    kisahnya mengingatkan masa2 awal mengenal jilbab dan hijab, hampir sama ada yang menyerupai kisah kita, kisah anti perpaduan kisah ana dengan sahabat sma ana, semoga ini bisa dikomsumsi khalayak ramai, UIN khususnya. tapi sayang nya satu, identitas penulis tidak ada, bagusnya diberikan fotnote gitu, biar lebih mantap dan berasa... keep spirit,, kalau boleh tau saat ini bagaimanakah kondisinya masih tetap terjga dan istiqomahkah?

    salam kenal

Leave a Reply